Jumat, 12 Maret 2010

Lima Penyebab Kotornya Hati

Yogyakarta, 25 Rabi’ul wal 1431

وقد أثنى الله تعالى على خليله عليه السلام بسلامة القلب فقال وإن من شيعته لإبراهيم إذا جاء ربه بقلب سليم وقال حاكيا عنه أنه قال يوم لا ينفع مال ولا بنون إلا من أتى الله بقلب سليم. والقلب السليم هو الذى سلم من الشرك والغل والحقد والحسد والشح والكبر وحب الدنيا والرياسة فسلم من كل آفة تبعده من الله وسلم من كل شبهة تعارض خبره ومن كل شهوة تعارض أمره وسلم من كل إرادة تزاحم مراده وسلم من كل قاطع يقطعه عن الله فهذا القلب السليم فى جنة معجلة فى الدنيا وفى جنة فى البرزخ وفى جنة يوم المعاد.

ولا يتم له سلامته مطلقا حتى يسلم من خمسة أشياء من شرك يناقض التوحيد وبدعة تخالف السنة وشهوة تخالف الأمر وغفلة تناقض الذكر وهو يناقض التجريد والاخلاص. وهذه الخمسة حجب عن الله وتحت كل واحد منها أنواع كثيرة تتضمن أفراد الأشخاص لا تحصر.

Allah ta’ala telah memuji telah memuji kekasih-Nya, Nabi Ibrahim ‘alaihis-salaam, dengan kesucian hatinya.

Allah berfirman (yang artinya),

“Dan sesungguhnya Ibrahim benar-benar termasuk golongannya (Nuh). (Ingatlah) ketika ia datang kepada Rabb-Nya dengan hati yang suci.”

Dalam firman-Nya yang lain, Allah mengisahkan perkataan Nabi Ibrahim ‘alaihissalaam (yang artinya):

“(Yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih”

Hati yang bersih adalah hati yang selamat dari syirik, dengki, iri, kikir, sombong, cinta dunia, dan gila jabatan. Ia selamat dari seluruh perusak yang mejauhkannya dari Allah, selamat dari seluruh syubhat yang menentang pengabaran-Nya, selamat dari seluruh syahwat yang menentang perintah-Nya, selamat dari seluruh keinginan yang bertentangan dengan maksud-Nya, serta selamat dari segala sesuatu yang memutuskannya dari Allah. Hati yang bersih ini berada dalam surga yang disegerakan di dunia, surga di alam barzakh, serta surga di hari kebangkitan.

Kebersihan hati tidak akan sempurna, melainkan setelah selamat dari lima perkara, yaitu

1. Syirik, yang berlawanan dengan tauhid
2. Bid’ah, yang berlawanan dengan sunnah
3. Syahwat, yang menyelisihi perintah
4. Kelalaian, yang berlawanan dengan dzikir
5. Hawa nafsu, yang bertentangan dengan kemurnian dan keikhlasan

Inilah lima penghalang yang merupakan penghalang dari Allah. Masing-masing memiliki jenis yang beraneka ragam. Bahkan, setiap jenis mempunyai anggota yang tidak terbatas.

[lihat kitab (1) الجواب الكافي لمن سأل عن الدواء الشافي (الداء والدواء) /(Ad-Daa’u wad Dawaa’) atau Al-Jawaabul Kaafi liman Sa-ala ‘anid-Dawaa’i Asy-Syaafi. karya محمد بن أبي بكر أيوب الزرعي أبو عبد الله /Muhammad bin Abi Bakr Ayyub Az-Zur’i Abu Abdillah/ yang masyhur dengan nama ابن قيم الجوزية /Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah/, penerbit دار الكتب العلمية – بيروت /Beirut – Darul Kutub Al-Ilmiyyah/, via software المكتبة الشاملة /Al-Maktabah Asy-Syamilah/, halaman 84 atau (2) di penerbit yang sama tahun 2006 dengan tahqiq محمد بن علي بن ريحان /Muhamad bin ‘Ali bin Raihan/, halaman 142 ]

* Kami juga mengambil faidah dari hasil terjemah Adni Kurniawan.

http://alashree.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar